Nama : Ikhtiarani
Sukarno
NIM :
130721100079
Jurusan : Ekonomi
Syariah
Mata Kulia : Kewirausahaan
Deskripsi dan Analisis Usaha YoRa Fashion (inaR
olshop)
USAHA ANEKA
FASHION (YoRa Fashion/inaR olshop)
Deskripsi Usaha
YoRa Fashion/inaR olshop adalah usaha
yang bergerak dibidang fashion, dimana dalam usaha ini saya menjual berbagai
macam fashion untuk kalangan pria, wanita dan anak-anak. YoRa Fashion/inaR
olshop menjual fashion yang lagi ngetrend dan yang lagi kekinian banget
pastinya.
Usaha fashion ini resmi dibentuk dan
dipublikasikan pada pertengahan april 2016 tanpa modal, karena saya menggunakan
sistem dropship (sistem jual beli online yang mana untuk menjalankan bisnis
online tanpa modal). Pada awal pembukaan usaha ini saya berstatus sebagai
mahasiswa menjalin kerjasama dengan supplyer asal kota Tuban.
Mengapa saya memilih fashion ? karena
saya mengambil peluang bahwa saat ini trend fashion begitu berkembang pesat
khususnya dikalangan muda-mudi. Fashion memang lebih cepat berkembang contohnya
baju, baju sangat cepat perubahan modelnya dan baju merupakan item yang lebih
banyak dibeli oleh masyarakat. Tetapi disini saya tidak hanya menjual baju
saja, ada beberapa macam seperti tas, sepatu, hijab, dan asessoris lainnya.
YoRa Fahion/inaR olshop juga menjual produk-produk dari SOPHIE, PARIS, ORIFLAME,
catalog SUNDAY dengan potongan harga
khusus.
Macam-macam
fashion yang disuguhkan oleh YoRa Fashion/inaR olshop
Busana Wanita/Muslim
Busana Pria/Muslim
Busana Anak
Mukena
Hijab, pasmina IMA, segi empat motif, macam-macam khimar Dll
Sepatu, Sandal Dll
Tas, Tas Brebded, Tas Lokal Dll
Asessoris, Kaca Mata, Jam tangan Dll
Untuk harga setiap item bervariasi,
untuk baju dipatok dari harga Rp. 50.000 sampai ratusan ribu, untuk tas juga
bervariasi tinggal dilihat dari merek dan kualitas tasnya sendiri, untuk tas
brended harga berkisar Rp. 200.000 sampai Rp. 500.000. Tetapi untuk penjualan
tas branded tidak mudah, biasanya hanya orang-orang tertentu seperti ibu-ibu
yang sudah mempunyai penghasilan sendiri. Untuk tas lokal ini biasanya yang
banyak diminati oleh mahasiswa, selain harganya murah tas lokal juga sangat
simple dan elegan untuk dipakai para ciwi-ciwi ke kampus. Tas lokal ini
berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 saja.
Untuk pemesanan dapat melalui face to
face, Telepon, BBM, LINE, FACEBOOK, ikhtiaraniutm13@blogspot.com (YoRa
Fashion/inaR olshop). Dan untuk pengiriman sekitar daerah Bangkalan dan Tuban
free ongkir tetapi untuk luar dua kota tersebut YoRa Fashion/inaR olshop
menarik ongkir sesuai wilayah tujuan.
Strategi pemasaran untuk meluaskan
pasar YoRa Fashion/inaR olshop adalah
1.
Melakukan pemasaran dengan jujur, perilaku yag baik, bersikap
realistis terhadap produk.
2.
Melakukan survey pasar, seperti selera mahasiswa yang sedang trend
model fashion yang berkembang.
3.
Mempromosikan produk fashion melalui online (Line, BBM, dan Website).
4.
Mempromosikan produk fashion melalui ofline (Brosur, catalog, Kartu
nama, Dari mulut ke mulut dan mengikuti event yang berhubungan dengan fashion)
5.
Menyebarkan imformasi produk pada pada target pasar yaitu
mahasiswa.
6.
Menggunakan sistem door to door yang langsung ke konsumen yang
berpotensial.
7.
Mengembangkan cara pemesanan lewat jarak jauh (delivery) seperti
melalui BBM, Website, Email, Sms, dan Telepon)
8.
Mencari calon konsumen diperkumpulan atau komunitas yang
berhubungan dengan bisnis penjualan macam-macam fashion trendi.
9.
Memberikan kepuasan kepada konsumen untuk menjaga kesetiaan
konsumen.
Laporan keuangan tahap awal
No
|
Transaksi keuangan/ keterangan
|
Nilai
|
1.
|
· Penjualan pertama yaitu 1 potong atasan tunik
panjang kotak-kotak seharga Rp. 85.000 (harga asli) dijual dengan harga Rp.
95.000.
· 2 potong rok skinny dengan harga per potong @28.000
(harga asli) dijual dengan harga @35.000x2=Rp. 70.000
|
-
|
3.
|
Hasil penjualan pada tahap awal yaitu
memperoleh pendapatan kotor
|
Rp. 165.000,-
|
4.
|
Bayar ke pihak supplyer
|
Rp. 141.000,-
|
5.
|
Jadi pada penjualan pertama mendapat
keuntungan
(pendapatan kotor- harga pengambilan barang dari
agennya)
Dan disini sudah mendapat keuntungan sebesar
|
Rp. 24.000 ,-
|
Keuntungan pertama = Rp. 24.000,-
Laporan keuangan penjualan kedua
No
|
Transaksi keuangan/ keterangan
|
Nilai
|
1.
|
· Penjualan ke-duan yaitu kerudung IMA Scraft berjumlah
3 potong yang seharga Rp. 25.000 (harga asli) saya jual seharga
@35.000x3=Rp.105.000,
· 2 potong Juliana hijab 4 in 1 sehaga Rp.
100.000 (harga asli) dijual dengan harga @115.000x2=Rp.230.000,
· 1 buah totebag dengan harga asli Rp.35.000
dijual dengan harga Rp. 50.000.
|
-
|
2.
|
Hasil penjualan pada tahap kedua yaitu
memperoleh pendapatan kotor
|
Rp. 385.000,-
|
3.
|
Bayar ke pihak agen
|
Rp. 310.000,-
|
4.
|
Jadi pada pengambilan kedua mendapat
keuntungan
(pendapatan kotor- harga pengambilan kerudung
dari agennya)
|
Rp. 75.000 ,-
|
Keuntungan kedua = Rp 75.000,-
Laporan keuangan penjualan ketiga
No
|
Transaksi keuangan/ keterangan
|
Nilai
|
1.
|
· Penjualan pada pengambilan ketiga yaitu 5
buah rok skinny seharga Rp. 28.000 (harga asli) dijual seharga @35.000x5=Rp.
175.000,
· jam tangan couple dengan harga Rp.110.000
(harga asli) dijual dengan harga Rp. 130.000
· tas CK seharga Rp.200.000 (harga asli) dijual
dengan harga Rp. 230.000
· 1
set tempat jilbab seharga Rp. 28.000 (harga asli) dijual dengan harga Rp.
50.000
· Mascara
The One Oriflame 5 in 1 Wonder lash seharga Rp. 129.000-50%=Rp.65.000 (harga
member)
|
-
|
2.
|
Hasil penjualan pada tahap ketiga yaitu
memperoleh pendapatan kotor.
|
Rp. 650.000
|
3.
|
Bayar ke pihak agen
|
Rp.543.000,-
|
4.
|
Jadi pada pengambilan ketiga mendapat
keuntungan
(pendapatan kotor- harga pengambilan barang dari
agennya)
|
Rp. 107.000 ,-
|
Keuntungan pihak ketiga Rp. 107.000
Sebenarnya masih ada lagi laporan keuangan yang
harus dicatat, ini hanya laporan keuangan selama satu bulan.
Jadi selama jualan YoRa Fashion/inaR olshop Mendapatkan
keuntungan
Keuntungan pertama = 24.000
Keuntungan kedua = 75.000
Keuntungan ketiga = 107.000
Jumlah =
206.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar